Sabtu, 13 Agustus 2011

malang-bromo-jogja-jakarta

beberapa hari yang lalu saya melakukan backpaker secara dadakan tanpa rencana matang, karena hanya berfikir untuk daerah jawa saja jadi gak terlalu kawatir.

kebetulan ada tugas keluar kota dari kantor ke pandaan selama 4 hari dari tanggal 25 Juli - 28 Juli, setelah itu tanggal 29 pagi nya langsung tancep menuju kota malang dan sekalian mampir kerumah sepupu yang lokasinya gak terlalu jauh dari stasiun (cuma 5rb naik becak). setiba di malang jam setengah 8 pagi langsung mampir kerumah sepupu karena dah lama gak ketemu, selanjutnya langsung ke stasiun malang untuk jemput temen yang nyusul dari jakarta naik kereta gajahyana yang rencan tiba di malang jam 9 pagi.

setelah temen tiba dimalang, kita berdua langsung cari sarapan diluar stasiun yang banyak sekali rumah makan, tp karna masih pagi jadi belum semua rumah makan sudah buka,jadi terpaksa cari yang sudah buka saja. sambil sarapan pagi dan berbincang-bincang sesaat mengenai perjalan masing-masing kita langsung membahas untuk rute perjalan. kemudian kesimpulan untuk perjalan kita adalah malang-bromo-jogja-sepanjang pantai ngobaran-jakarta dari tanggal 29 s.d 31 juli.

berhubung perjalan ini sangat mepet waktunya jadi harus benar2 tepat menjadwalnya, yang paling pertama ada rute ke bromo, setelah searching2 di internet sebagai bahan refrensi untuk sewa kendaraan menuju ke bromo akhirnya kami menemukan travel agent yang namanya "sunrise holiday" yang lefleatnya kami dapat dari custemer services stasiun malang yang kebetulan pada saat itu kita sedang mencari tiket untuk ke jogja. selanjutnya kami kontak ke travel tersebut dan mereka sangat baik sampai kami dijemput ke stasiun dan di ajak ke kantor mereka, setelah bertanya panjang lebar akhirnya kami putuskan untuk menggunakan travel ini dengan biaya 300rb/pax dan kebetulan juga ada bule dari belanda yang ikut bersama kami ke bromo dengan menggunakan travel dan mobil yang sama.

setelah selesai untuk perjalan menuju bromo kami kembali ke stasiun untuk mencari tiket ke jogja hampir seluruh tiket habis semua karena kebetulan mau menjelang ramadhan. tp akhirnya dengan perjuangan kami dapatkan juga tiket yang ke jogja menggunakan kereta gajahyana jam setengah 5 sore dari malang.

setelah semua tiket perjalan kita dapat, akhirnya kami memutuskan untuk keliling kota malang yang paling pertama kita singgahi ada toko "oen" yang konon katanya sangat terkenal dengan es krim nya setelah dicicipi ternyata mang benar2 enak sambil makan es krim ditemani banyak bule-bule, selanjutnya kami meneruskan penjalanan menuju alun-alun malang untuk melihat daerah sekitar alun-alun dan kemudian kami melanjutkan perjalan ke jalan ijen yang disekitar jalan tersebut banyak terdapat rumah2 tua dengan desain zaman belanda.

sore harinya kami mampir dirumah makan sederhana yang bentuknya lesehan kurang lebih sekitar 100m dari stasiun malang arah barat(sebelah kiri klo keluar dari stasiun), yang bikin kaget adalah ternyata makannya enak n murah banget, sampe banyak anak2 sekolah yang makan disitu.

sambil menunggu jemputan mobil travel menuju bromo yang rencannya jam setengah 2 malam, kami beristirahat sejenak. setelah jemputan datang berangkatlah kami ke bromo dengan menggunakan mobil elf bersama bule dari belanda, awalnya sih agak kaku tp lama-kelamaan jadi biasa walaupun bahasa inggris kami kampungan.hahahaha

setiba di kaki gunung bromo kami bertukar kembali dengan menggunakan jeep sewaan yang telah dibooking oleh travel, kurang lebih setengah jam kami tiba di penanjakan 1 sekitar pukul 3.30 dan langsung menuju ke tempat berkumpul untuk melihat matahari terbit. setelah asik berfoto menyaksikan matahari terbit kami diajak untuk sarapan dengan bule2 dan kemudian kami melanjutkan perjalan menuju kelautan pasir dan kawah bromo.

ketika tiba dibawah ternyata kebulan asap dari kawah bromo masih begitu menyesakan nafas dan pasir yang membuat kami untuk sulit berjalan menuju kawah, berhubung sudah tanggung sampai disana kami nekatin untuk tetap akan naik ke kawah bromo, tapi setibanya diatas pemandangan yang kami lihat hanya berupa tumpukan pasir dari hasil erupsi gunung tersebut.

tak kuat bertahan lama kami memutuskan untuk segera turun dan melanjutkan perjalan kembali karena bule belanda yang bersama kami akan langsung menuju bali dengan menggunakan bus di pasuruan dan selain itu kami juga harus melanjutkan perjalanan ke jogja dengan menggunakan kereta api pukul 16.30. setelah menemani bule sampai naik bis menuju banyuwangi kami langsung kembali ke malang bersih-bersih dan segera berangkat ke stasiun.

tak lama sampai distasiun kereta pun tiba, kami langsung naik dan siap untuk berangkat ke jogja. selama didalam kereta yang kami rasakan hanya pegel2 pada badan yang blm juga hilang bekas dari bromo, dengan menggunakan tolak angin cair akhirnya bisa tidur juga dikereta dan pada pukul 12 kurang kerata kami tiba di stasiun tugu jogja dan kami pun lekas mencari penginapan alakadarnya, karena hanya satu malam saja untuk menginap dijogja sorenya kami harus kembali kejakarta.

setelah mendapatkan penginapan dengan harga 80rb kami pun langsung istrihat tanpa mandi dan bersih. pagi pun tiba saatnya untuk melanjutkan perjalan menuju pantai baron dan sekitarnya. sambil foto2 dan menikmati rujak dipinggir pantai dengan angin pantai yang kencang.

waktu terasa singkat banget karena kami berpindah-pindah dari pantai satu ke pantai lain, setelah jam menunjukan pukul 12.30 kami memutuskan untuk kembali menuju jogja dan disela menuju bandara kami mampir dirumah makan yang lumayan enak dan pastinya murah. setelah makan siang pun kami melanjutkan perjalan menuju bandara dengan harapan kami bisa mengikuti tarawih hari pertama dijakarta, namun akhirnya kami tiba dijakarta terlalu malem karena da keterlambatan pesawat yang kami tumpangi.